Sabtu, 04 Juni 2016

SELEKSI

A. Prapendaftaran 

   1. Pra pendaftaran dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
       a. Calon peserta didik baru yang melakukan prapendaftaran, adalah:
          1) calon peserta didik baru bertempat tinggal di Provinsi DKI Jakarta dan di luar Provinsi DKI 
              Jakarta berdasarkan Kartu Keluarga (KK) :
              a) bersekolah di luar Provinsi DKI Jakarta;
              b) lulusan sebelum Tahun Pelajaran 2015/2016;
              c) lulusan Pendidikan Kesetaraan paket B.
          2) bagi calon peserta didik baru yang berasal dari sekolah asing, melampirkan surat rekomendasi 
              dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
              serta mengikuti seleksi penyetaraan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan pada tanggal
              3 dan 4 Juni 2016;
       b. Prapendaftaran dilakukan oleh calon peserta didik baru/orang tua/wali untuk memasukan data calon
           peserta didik baru kedalam database Sistem PPDB Online pada waktu dan tempat yang telah ditentukan;
       c. Calon peserta didik baru sebagaimana dimaksud pada huruf a yang tidak melakukan prapendaftaran
           tidak dapat mengikuti PPDB.

2. Pelaksanaan Prapendaftaran
       a. Calon peserta didik baru datang langung ke sekolah penyelenggara layanan prapendaftaran pada waktu
           dan tempat yang telah ditentukan dengan membawa berkas persyaratan prapendaftaran, yaitu :
           1) berkas SKHUN Paket B dari satuan pendidikan yang menyatakan kelulusan;
           2) fotokopi Kartu Keluarga (KK) serta memperlihatkan KK asli;
       b. Panitia prapendaftaran :
           1) menyiapkan ruangan dan komputer yang dapat digunakan untuk layanan prapendaftaran online
               di sekolah;
           2) membantu calon peserta didik baru/orang tua/wali melakukan prapendaftaran online di sekolah;
           3) mencetak tanda bukti prapendaftaran dan memverifikasinya dan selanjutnya ditandatangani calon
               peserta didik baru/orang tua/wali;
           4) menandatangani dan menstempel tanda bukti prapendaftaran sebagaimana dimaksud angka 3)
               untuk diberikan kepada calon peserta didik baru.
           5) tanda bukti pendaftaran sebagaimana dimaksud angka 4) memuat informasi angka pengganti peserta
               Ujian Nasional;
       c. Calon peserta didik baru menyimpan tanda bukti pengajuan prapendaftaran.


B. Pendaftaran.

   1. Pengajuan Pendaftaran
       a. calon peserta didik baru/ orang tua/wali melakukan pengajuan pendaftaran secara online dengan 
           mengisi kolom Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Peserta Ujian calon peserta didik, nomor 
           pengganti Nomor Peserta Ujian Nasional bagi calon peserta didik baru yang telah melakukan 
           prapendaftaran, serta nomor telepon/HP orang tua/waliyang tersedia dalam sistem.
       b. mencetak bukti pengajuan pendaftaran untuk diverifikasi ke sekolah terdekat.
       c. dalam hal calon peserta didik baru/orang tua/wali kesulitan untuk melakukan pengajuan pendaftaran 
           online, calon peserta didik baru/orang tua/wali dapat meminta bantuan ke panitia sekolah.

    2. Verifikasi Berkas 
        a. calon peserta didik baru / orang tua / wali datang ke sekolah terdekat dengan membawa bukti pengajuan 
            pendaftaran di sertai dengan berkas persyaratan yang telah ditentukan. 
        b. pemeriksaan berkas dilakukan dengan cara pemeriksaan administratif dengan memvalidasi data/berkas 
            persyaratan, serta persyaratan khusus untuk SMK oleh panitia tingkat satuan pendidikan.
        c.  khusus sekolah tujuan SMK, panitia sekolah memberikan tanda lulus persyaratan (informasi persyaratan 
            khusus) ke dalam sistem untuk calon peserta didik baru yang lulus persyaratan khusus.
        d. panitia sekolah memberikan tanda bukti verifikasi berkas untuk calon peserta didik baru yang dinyatakan 
            lulus verifikasi berkas; 
        e. calon peserta didik kemudian membuka sistem informasi PPDB dengan menggunakan NIK sebagai username dan 
            Nomor Peserta Ujian atau Nomor Pengganti Nomor Peserta Ujian sebagai password untuk jenjang SMK 

    3. Pemilihan Sekolah / Jurusan / Paket Keahlian
        a. menggunakan NIK sebagai username dan Nomor Peserta Ujian atau Nomor Pengganti Nomor Peserta Ujian 
            sebagai password untuk jenjang SMK 
        b. calon peserta didik baru dapat memilih sekolah tujuan maksimal : 3 (tiga) paket keahlian untuk SMK;
        c. apabila kesulitan dalam pemilihan sekolah, calon peserta didik didik/orang tua/wali:
            1) dapat meminta bantuan ke sekolah terdekat;
            2) menyampaikan informasi NIK dan Nomor Peserta Ujian atau Nomor Pengganti Nomor Peserta Ujian
                kepada operator sekolah;
            3) mendampingi operator sekolah dalam proses pemilihan sekolah;
            4) mencatat nama operator sekolah serta waktu pemilihan sekolah;
        d. mencetak bukti pemilihan sekolah / jurusan / paket keahlian;
        e. selama proses seleksi berlangsung calon peserta didik baru yang dinyatakan:
            1) diterima sementara tidak dapat mengganti sekolah / jurusan / paket keahlian.
            2) tidak diterima di semua pilihan sekolah / jurusan / paket keahlian dapat mengganti pilihan tersebut, 
                sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran.

C. PENGUMUMAN HASIL

    Pengumuman hasil seleksi PPDB dilaksanakan secara terbuka melalui web, internet, dan di sekolah (dipasang di 
    beberapa tempat yang mudah dilihat masyarakat).

D. LAPOR DIRI

    Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima harus lapor diri dengan ketentuan:

    1. Lapor diri dilakukandengan datang langsung ke sekolah tujuansesuai jadwal yang telah ditentukan:
        a) panitia sekolah menyediakan Format 1 sebagaimana tercantum dalam lampiran Surat Keputusan Kepala 
            Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk diisi oleh calon peserta didik baru;
        b) format 1 tersebut diisi oleh calon peserta didik / orang tua / wali serta di tandatangani yang 
            kemudian diserahkan kembali ke panitia sekolah;
        c) panitia sekolah mencocokkan data calon peserta didik yang bersangkutan dengan data yang terdapat 
           di dalam sistem;
        d) untuk calon peserta didik yang telah berhasil diverifikasi, panitia sekolah memberikan tanda bukti
            lapor diri kepada calon peserta didik yang bersangkutan disertai dengan tandatangani oleh panitia 
            sekolah;
        e) calon peserta didik / orang tua / wali menyimpan bukti lapor diri;
        f) panitia sekolah wajib menginput peserta didik baru yang sudah lapor diri kedalam sistem online.

    2. Calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima tetapi tidak lapor diri sesuai jadwal yang ditentukan, 
        dinyatakan mengundurkan diri, dan tidak dapat mengikuti seleksi PPDB tahap berikutnya serta hanya dapat 
        mengikuti PPDB tahap III.

E. PENGUMUMAN BANGKU KOSONG

    Pengumuman bangku kosong dilaksanakan secara langsung setelah selesai proses lapor diri dan dilakukan 
    secara terbuka melalui sistem PPDB Online secara realtime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman